Rabu, 03 November 2021

34. aku memaafkan diriku

kau tahu aku sudah memaafkan diriku, memaafkan banyak hal yang tidak bisa kuperjuangkan, atau tidak berani barangkali. aku memaafkan kesalahanku di masa lalu agar tidak lagi kubebankan pada diriku di masa akan datang. aku juga memaafkanmu, memaafkan ayahku, memaafkan tetanggaku dan semua orang yang pernah sengaja atau tidak melukaiku hingga membuatku trauma. 

aku akan terus memaafkan banyak hal di dunia ini, aku berjanji pada diriku akan menjaga diriku dengan baik, mengusahakan semua hal yang terbaik untukku, membahagiakan diriku bukan orang lain sebelum diriku.

aku tidak akan pernah tega menyakiti siapa pun dengan sengaja dan sadar. aku tidak akan menyerang siapa pun, jika aku melawan itu pasti seharusnya bentuk pertahanan diri bukan untuk menyerang balik apalagi menjatuhkan. aku ingin memperbaiki banyak hal dalam hidupku. aku akan men-checklist banyak daftar impianku satu persatu. aku akan menjadi orang yang tidak rewel, mengurangi banyak keluhanku tentang kehidupan.

aku ingin menua dengan aroma roti mengepul dari jendela dapurku, harum teh perenjak atau aroma kopi tapi barangkali semakin menua kemampuan jantungku mentolerir kafein pasti akan berkurang juga. mungkin aku akan mulai belajar menyeduh minuman rempah-rempah nantinya, mempelajari banyak tutorial di youtube atau media sosial lainnya. sesekali aku akan pergi berkencan dengan seseorang yang kutemui di aplikasi online atau teman-teman lamaku, sekadar duduk bertukar kisah barangkali.

aku akan menua sendiri, bahagia dan tidak ingin menyusahkan siapa pun. akan bahagia dengan beberapa kucing dan mungkin kaktus lucu yang jika aku lupa menyiramnya dia akan tetap tumbuh dengan tabah di berandaku yang berlumut dan keriput.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jaket lusuh

hari ini aku membuka lemari pakaianku menyusun ulang beberapa helai ingatan dan membersihkan debu dari kenangan. aku melihat jaket sag...