Minggu, 26 Agustus 2012

Sang Guru Ngaji

tadi malam itu aku sama sekali gak ada kepikiran si kakak Guru ngaji zaman kuliah dulu, memang aku temenan sama beliau di fb tapi kayak nya tadi malam sebelum tidur gak ad baca status dari dia atau keinget dia sedikit pun.

Seperti nyata saja kejadian tadi malam, aku gak tau bertemu diamana yg jelas lokasi itu sepertinya tempat yang lumayan ramai, kemudian tiba-tiba aku melihat seseorang yg familiar kemudian lama-kelamaan aku baru sadar kalau beliau itu si kakak guru ngaji itu.

Dia mungkin awal nya seperti agak ragu ketika melihat ku, karena sebelumnya dia tidak pernah melihatku tanpa jilbab namanya juga ketemu cuma dikampus dan di liqo' an. Jadi aku menyapanya.. gak tau kenapa tiba-tiba perasaan ku ada yang sakit di ulu hati. Gak lama setelah itu dia sudah duduk bersila tapi kali ini lokasinya berbeda, seperti dalam ruangan Oraganisasi Pema ku dulu, memang semapt beberapa kali kami liqo' disana. Dan aku langsung menyalamin dan mencium tangan si kakak itu, dan sepertinya aku menangis sesenggukan, tp aku tidak mengeluarkan sepatah kata pun, aku hanya menangis mencium tangan si kakak itu seperti menangis dipangkuan nya. Seolah-olah aku ingin mengadukan sesuatu tentang kehidupan ku tapi yg keluar hanyalah tangisan yg benar-benar membanjiri pangkuan nya.

Sebelumnya aku punya 2orang kakak mengaji sebenarnya, jadi pengajian ini berasal dari oranisasi kampus ku, setiap anggota PEMA zaman itu wajib mengikuti liqo' dari organisasi keagamaan luar kampus yg satu ini. tapi kakak guru ngajinya mereka yg tentukan, kami hanya dikasi jadwal untuk bertemu, mengaji nya mebicarakan tentang pertanyaan-pertanyaan apa saja, atau tema yg lagi berkembang baik isu politik atau kampus, atau tiap pertemuan kami mendapat giliran untuk membicaran suatu topik kemudian berdiskusi. jadi isi pengajian nya bukan seperti wirit nya ibu-ibu.

Aku lumayan dekat sekali dengan guru ngajiku yang pertama, masalah apapun dikampus aku selalu cerita, bahkan ketika aku ada masalah pribadi namun gak paernah bilang kebeliau entah kenapa tiba-tiba pasti si kakak itu sms tanya kabar atau keadaan hati. aku benar-benar sudah dekat hati dengan beliau bagitu juga dengan 1orang teman ngajiku, dia juga tean kuliah dan satu devisi dengan ku di Pema zaman itu. Suatu saat beliau telah selesai kuliah dan berangkat ke Aceh, maka mulai saat itu kami pun dipindahkan mengajinya dengan Sang guru ngaji yg ada dimimpiku tadi malam.

Jadi seperti patah hati aku harus belajar mendekatkan hati dengan kakak sang guru ngaji baru, rasanya sangat berat. bukan karena aku cinta atau suka dengan kakak ngaji yg pertama, rasa sayang ini benar-benar seperti saudara. Maka begitu kehilangan beliau rasanya benar-benar sepi, aku sempat menangis beberapa kali mengingat beliau. dengan pengganti si kakak itu datang lah guru ngaji yg baru... dan pada saat itu aku sudah mulai goyah karena masa-masa PKL dari kampus dan sepertinya aku sedang tergila gila dengan ketua MAPALA dikampus ku, cewe tomboy yg kereeeenn abeezz.. dan jadilah konsentrasi ku benar-benar terpecah, aku tidak benar sungguh-sungguh memberikan hati untuk berdekatan degan sang guru ngaji yg satu ini, padahal kakak ini juga sama lembut, pintar. tidak ada yg salah dengan beliau hanya saja aku yg tidak ingin terlalu dekat dengan nya.

lalu yg aku bingungkan, mengapa seolah-olah aku tadi malam mengakui semua beban kehidupan kepadanya, seperti seolah-olah kangen yg benar-benar, kemudian menyesal kan karena ketika bertemu dengan beliau aku sedang tidak menggunakan jilbab, dan tentang kisah lesbian ku. rasanya aku benar-benar mengadu namaun aku hanya menangis di pangkuan nya.

Mimpi ini terasa janggal, sedikit aneh.. Mungkin pertanda sesuatu. tapi aku tidak berani menyimpulkan baru menerka-nerka.

11 komentar:

  1. aku tau pengajiannya apa,hehehe, udah pakai jilbab toh sekarang ntan?alhamdulillah, selamat ya

    BalasHapus
  2. Iya pengajian yg ono kk..
    pake jilbab nya kadang2 doank kk. hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayanlah daripada kadang2 pakai bajunya, ehehehe ^^

      Hapus
    2. whuuaahh emang nya eike wanita apakaaahhh khekhekheee

      Hapus
    3. btw, aku pernah mengakui kl aku L ke guru ngajiku loh ntan,hehehehehe

      Hapus
  3. Benarkah kk? Whuah


    sebenarnya ntan jg pengen bilang tp bukan sm guru ngaji yg ini kk... Yg sebelum nya. Gak tau deh nyali pa gak :D

    BalasHapus
  4. Waaa...klo kisah anak tomboy ketua mapala tu kyknya kk tau deh ntan.. :) hove the best 4 u y..rain :)

    BalasHapus
  5. khekhekhee..

    cerita lama yah kk..
    been a long time didn't see u on my blog.

    BalasHapus
  6. Suka baca artikel sang guru ini...salam kena y

    BalasHapus

jaket lusuh

hari ini aku membuka lemari pakaianku menyusun ulang beberapa helai ingatan dan membersihkan debu dari kenangan. aku melihat jaket sag...