Kamis, 27 Februari 2020

senja menua

sepasang mata senja, awas dan begitu muram
menatap dunia dengan kepedihan, 
menua dengan pikiran kelam. 
senyap namun nyaring di ingatan.

dari kedua mata itu aku melihat sisi lain dunia

sisi jahat yang kupikir hanya ada di film India
di mana inspekturnya selalu datang terlambat.

kehidupan mengajarkan banyak hal,

bahkan perihal yang aku sama sekali tidak ingin tahu
ia memaksaku, memperkosa kepalaku dan dengan serampangan 
ia memasukkan pengetahuan itu di sana.
aku terluka, namun menolak pun tetap sia-sia.

mata senja membuatku waspada

ia mengajarkanku ketidakpercayaan atas siapa pun di dunia
pedih yang dibawanya mengajarkanku hidup sesungguhnya,
bahwa kehidupan tidak hanya sekedar haha hihi semesta.

setiap hari aku merasa semakin tua,

dan ingatan yang terlampau pedih atas banyak hal 
adalah satu-satunya ingatan yang akan kubawa hingga senja menutup mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jaket lusuh

hari ini aku membuka lemari pakaianku menyusun ulang beberapa helai ingatan dan membersihkan debu dari kenangan. aku melihat jaket sag...