Selasa, 05 Juli 2011

Waiting for Superman



Film bagus, amat sangat layak buat di tonton. Aku belajar banyak dr film ini dan aku jadi ingat perkataan sahabat baik ku, ia mengatakan sesuatu yg sangat menampar dan menyadar kan ku betapa hal yg simple itu sebenarnya sangat berharga.
Menjadi guru memang bukan lah impian ku sejak kecil, tapi ternyata itu lah yg mendarah daging dalam hidup ku. Terkadang kita tidak perlu tau untuk apa kita melakukan sesuatu, cukup lakukan yg terbaik atas segala hal yg sudah menjadi kewajiban kita, maka mengutip kata sang motivator bahwa ‘apa yg kita lakukan sekarang akan menjadi patokan atau cerminan kita untuk akan datang, dan ternyata apa yg kita hasilkan sekarang adalah buah dari apa yg kita lakukan untuk masa lalu’.
Nah kembali pada seorang sahabat baik, kalau di lihat background dan sisi buruk nya dia adalah sahabat yg paling ancur-ancuran yg pernah aku punya, tapi dari semua kata dan pola pikir nya aku tau bahwa dia adlah sahabat yg paling jujur yg pernah aku punya, dia selalu menjadi teman bertukar pikiran tentang apa saja. Mulai dari gosip sampai manmoon si nail amstrong yg ke bulan. Ia bisa menjadi pendengar yg sangat baik bahkan menjadi seorang pembicara yg tidak akan berhenti bicara apa saja yg ia anggap menarik. Ia sahabat ku. Biarpun aku jatuh bangun berteman dengan nya bahkan pernah sampai hilang kontak dan akhir nya kembali berteman baik lagi semua tetap bisa kita lewati. Yah aku tau teman sejati itu ada baru dari dia, teman yg benar-benar tau baik buruk nya aku. Satu-satu nya teman yg tau kalau aku lesbian.

Dia satu-satu nya teman yg berani menolak dan mematahkan argumen ku hanya dengan beberapa kata yg simple, di saat aku merencanakan sesuatu yg menurut ku sanagat manies dan bagus bahkan aku bisa meyakinkan orang tua dan keluarga lain nya bahwa apa yg aku pilih akan jauh lebih baik. Tapi dia satu-satu nya sahabat yg dengan santai mendengarkan semua cerita ku dan mematah kan nya dengan beberapa kata. Maka keyakinan ku hancur dan memang benar yg ia katakan. Harus nya ia menjadi ahli fisika, karena dia sangat akurat.
Teman, tau kah kau bahwa jauh di dalam diri mu banyak hal yg menyadarkan ku tentang kekuatan, biarpun aku tau setiap hari kau harus menangis di sana bahkan kau berkata bahwa semua air mata mu kering karena sakit dan dosa yg menurut mu tuhan tidak akan maafkan untuk mu. Jauh dari itu semua kau sangat hebat teman. Maka ketika seluruh dunia menghujat mu aku akan tetap ada di sana untuk mendukung mu, dan memberikan bahu untuk mu bersandar saat kau lemah dan membantu mu untuk bangkit dari keterpurukan mu.

Teman yg bisa di bilang sangat hancur tapi bisa menjadi guru yg baik, percayalah bahwa terkadang perkataan yg baik itu tidak harus berasal dari orang yg menurut semua orang itu baik. Jangan lihat siapa yg menyampaikan sebuah perkataan baik, tapi lihat lah isi dr perkataan baik yg ia ucapkan.
Karena 1 hal negatif yg masuk ke otak kita itu ternyata membutuhkan 50 hal positif untuk membuang nya paling tidak menyeimbang kan pikiran waras kita. Hidup dengan lingkungan yg positif itu amat sangat bagus untuk kondisi mental, cara berfikir atau pun tinggak laku kita. Mungkin sahabat ku tidak dengan lingkungan yg positif, tapi dengan semua pikiran dan sisi negatif nya terkadang juga di perlukan untuk menilai sesuatu hal, ia melakukan pola pikiran terbalik, dan itu membuat ku tersadar.
Aku akan anjurkan dia tonton film ini, dia juga seorang guru, guru yg luar biasa hanya terkadang penyampaian dan bahasa tubuh nya sedikit berbeda. Mungkin salah satu ‘superan’ buat ku. Karena aku menjadi sadar dengan pilihan yg mana kewajiban dan yg mana hanya hiburan, meskipun aku tau menjadi guru tidak akan membuat kaya, tapi kekuatan dari sana kami berangkat kebahagiaan batin yg didapat jauh lebih berharga. Maka kewajiban ku menjadi kaya dan membuat banyak sekolah untuk anak yg harus nya bisa bersekolah. Banyak hal lain yg bisa ku kerjakan di luar jam ku mengajar. Akan menjadi peluang untuk mewujudkan mimpi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jaket lusuh

hari ini aku membuka lemari pakaianku menyusun ulang beberapa helai ingatan dan membersihkan debu dari kenangan. aku melihat jaket sag...