Selasa, 07 Mei 2019

keyakinan yang entah

saya meyakini beberapa hal dalam hidup saya yang entah mengapa seolah tertanam di kepala. beberapa hal mungkin berdasarkan pengaruh dari sekian orang yang saya lihat biar pun tanpa sengaja namun kadang semuanya semacam saling mencari jalan untuk menemukan kecocokan.
pertama saya meyakini bahwa saya akan mati muda, namun ini karena kesedihan yang selalu saya biarkan menumpuk, juga karena saya suka sekali menjenguknya di setiap kesedihan lain datang memuncak.
biasanya untuk melupakan kesedihan yang sedang hadir saya sengaja menjenguk kesedihan lampau yang menurut saya lebih menyedihkan agar perasaan saya sedikit membaik. maka barangkali saya akan mati muda karenanya. karena kesedihan-kesedihan saya sendiri yang saya biarkan menjalar dari ujung kaki hingga ujung rambut, dari luar juga jauh dari dalam. dari sadar juga dari alam bawah sadar saya sendiri.
lalu kalau pun saya bertahan hingga tua, saya meyakini akan menua sendirian. jauh dari semua orang atau dekat dengan keluarga tapi tidak tinggal dengan mereka. saya tidak suka dibaweli, tidak suka menjawab banyak pertanyaan yang sambung menyambung, apalagi saat saya sedang mengerjakan sesuatu atau pun saat sedang melamun. saya tidak suka diajak bicara pada waktu-waktu tertentu, dan saya meyakini tidak akan ada yang betah dengan kehidupan saya yang suka kesepian. 
juga hal lain yang saya yakini adalah orang terdekat saya suatu hari akan pergi, entah menikah, entah hanya untuk sekedar menjauh dari kehidupan saya. sejak jauh hari saya sudah menyipkan hati saya. saya akan lekas sembuh dari luka apa pun, apa saja. bukan karena tidak cinta tapi memang begitu lah seharusnya. yang pergi akan berlalu yang ditinggal harus terus maju.  
saya tidak akan pernah menghalangi orang lain untuk pergi atau datang sekedar singgah dalam hidup saya. buat saya takdir itu simpul menyimpul. semua akan terhubung dengan sebab akibat dan selalu ada ibrah selepasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jaket lusuh

hari ini aku membuka lemari pakaianku menyusun ulang beberapa helai ingatan dan membersihkan debu dari kenangan. aku melihat jaket sag...