Jumat, 25 September 2020

Day #5 My Parents

Aku pernah menulis sebuah tulisan di blog milikku satu lagi, waktu itu sempat aku posting juga di facebook, aku membuat sebuah cerita tentang bagaimana ayah dan mamak berkomunikasi di keluarga kami, perihal kehidupan mereka dan sebagainya. Sampai sekarang aku masih menyukai tulisan itu, kupikir itu adalah tulisan paling manis yang kubuat untuk kedua orangtuaku. 

Ayah dan Mamak sama seperti orang tua lain, aku pikir tidak ada yang terlalu spesial dari mereka, hanya mereka berdua bisa bersekolah sampai SMA bagiku itu sesuatu privilese yang luar biasa untuk mereka tapi entah mengapa mereka hidup miskin aku juga tidak paham bagaimana mereka memangemen kehidupan keuangan mereka. Tidak terlalu miskin sekali, hanya kupikir kehidupan kami amat sangat sederhana untuk ukuran seorang anak seperti aku yang ingin bisa masuk di sekolah bagus, bisa pergi les di mana saja yang aku mau, karena aku memang suka aktif dan belajar sejak dulu, biar pun tidak terlalu suka belajar karena bagiku ketika aku tidak belajar aku setara dengan peringkat 1 -3 besar di sekolah, apalagi aku belajar. Aku ingin bersekolah di sekolah yang memiliki banyak siswa, kelasnya banyak, bersaing dengan banyak orang, yah, tapi hal-hal seperti itu barangkali tidak pernah terpikir oleh orang tuaku semasa mereka muda, mungkin mereka hanya memikirkan bagaimana mereka hidup muda seenak mereka.

Aku tidak terlalu suka membahas masalah ini, karena banyak yang kusesalkan dalam hidupku, tapi semuanya harus kumaafkan. Aku banyak sudah memaafkan hal-hal yang membuatku sakit, aku harus berdamai dengan banyak hal. Rasanya luka masa laluku tidak bisa disembuhkan dengan apa pun tapi paling tidak aku berusaha untuk mencobanya.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jaket lusuh

hari ini aku membuka lemari pakaianku menyusun ulang beberapa helai ingatan dan membersihkan debu dari kenangan. aku melihat jaket sag...